Analisis SWOT

Analisis SWOT
    
     SWOT adalah metode untuk mengukur seberapa kuat kita(Strengths),lemah kita(weaknesses),peluang kita(opportunities), dan ancaman terhadap (threats) dalam suatu pekerjaan/bisnis.Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.


SWOT laundry
   1.Strength (S)
     a.Memiliki tujuan usaha
     b.Tempatnya yang strategis
     c.Ruangannya menggunakan kipas angin
     d.Mempunyai cabang dimana-mana
     e.Harganya terjangkau dan relatif murah 
     f.Hasilnya memuaskan, pakaian harum dan bersih
     g.Terima kiloan dan satuan (boneka, jas)
     h.Jam buka dari jam 08 am – 10 pm
     i.Memiliki SDM yang telah berpengalaman dibidang menyuci dan menyetrika 
j.Kemampuan karyawan dalam melayani pelanggan
   2.Weaknes (W)
     a.Karyawan keluar jam kerja tanpa izin
     b.Pengelola jarang mengontrol
     c.Karyawan masuk jam kerja tidak tepat waktu sesuai dengan jam kerja
     d.Sering terjadi kekeliruan dalam membungkus pakaian
     e.Terima gaji tidak tepat waktu
     f.Sering mengalami kendala jika di musim hujan
     g.Barang nya diantar jemput oleh pusat, sehingga waktunya paling cepat 2 hari siap.
   3.Opportnities (O)
     a.Berada ditempat strategis
     b.Bekerja sama dengan pusat lila’s loundry.
     c.berada ditempat wilayah anak kos
     d.jauh dari usaha loundry yang lain disekitar
     e.mengurangin waktu dan tenaga konsumen yang sedang sibuk beraktifitas
   4.Threats (T)
     a.Adanya teknologi yang lebih canggih dalam pengeringan pakaian
     b.Adanya harga pesaing yang lebih murah pada saat promosi
     c.Strategis mudah ditiru
     d.Munculnya pesaing asing
     e.Konsumen semakin sensitif terhadap harga

  Untuk tutorialnya bisa di sini:https://www.youtube.com/watch?v=idvUxE1zU48
  atau bisa play dibawah ini


   Selain membuat aplikasi untuk laundry, insya allah kita juga bisa mendesain banner,sticker,atau pun membuat web sederhana.